PENGARUH PERSEPSI DAN INTERATIVITAS INSTAGRAM REELS TERHADAP BRAND ENGAGEMENT PADA BRAND FASHION LOKAL ERIGO APPAREL

THE INFLUENCE OF INSTAGRAM REELS PERCEPTION AND INTERATIVITY ON BRAND ENGAGEMENT AT LOCAL FASHION BRAND ERIGO APPAREL

Authors

  • Zulia Qurrota A'yun Universitas Brawijaya Malang
  • Siti Zulaikha Universitas Brawijaya Malang

DOI:

https://doi.org/10.64195/j-bsmtech.v1i1.1

Keywords:

instagram reels, brand engagement, media sosial, fashion lokal, persepsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konten Instagram Reels terhadap brand engagement pada brand fashion lokal “Erogo Apparel”. Dengan semakin populernya fitur Reels, brand-brand lokal memanfaatkan media sosial ini sebagai alat pemasaran yang efektif, menciptakan peluang besar bagi brand fashion lokal untuk memperkenalkan produk mereka dengan cara yang lebih menarik dan mudah diakses oleh target pasar. Salah satu brand lokal Indonesia yang telah melakukan transformasi digital dengan menggunakan media social untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan mengoptimalkan pemasarannya yakni brand lokal “Erigo Apparel”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner online dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari 15 pernyataan terstruktur yang mengukur tiga variabel utama, yaitu persepsi terhadap konten Reels, interaktivitas Reels, dan brand engagement. Analisis data yang diguanakan yakni Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui aplikasi SmartPLS versi 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi terhadap Instagram Reels dan interaktivitas pengguna memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand engagement. Konten Reels yang menarik dan interaktif dapat meningkatkan engagement konsumen terhadap brand. Hasil ini memberikan implikasi strategis bagi brand fashion lokal untuk meningkatkan kualitas konten digital Erigo.

Downloads

Published

2025-06-13

Issue

Section

Articles