PENGARUH BIG DATA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGIS DENGAN MEDIASI EKONOMI DIGITAL PADA BANK DIGITAL "BANK JAGO"

THE INFLUENCE OF BIG DATA ON STRATEGIC DECISION MAKING WITH DIGITAL ECONOMIC MEDIATION AT THE DIGITAL BANK "BANK JAGO"

Authors

  • Maulana Bintang Sanjaya STEI Hamfara Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.64195/j-bsmtech.v1i1.4

Keywords:

big data, digital economy, Strategic Decision-Making, Digital Bank

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah merevolusi cara organisasi mengambil keputusan strategis, terutama dalam sektor perbankan digital. Big Data sebagai kumpulan data yang sangat besar dan kompleks memberikan peluang untuk meningkatkan kualitas keputusan melalui pemrosesan informasi yang lebih cepat, akurat, dan terukur. Namun, efektivitas pemanfaatan Big Data dalam mendukung pengambilan keputusan strategis tidak terlepas dari peran mediasi Ekonomi Digital yang mendorong proses digitalisasi dan integrasi teknologi dalam aktivitas bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Big Data terhadap pengambilan keputusan strategis dengan mempertimbangkan peran mediasi Ekonomi Digital pada Bank Digital "Bank Jago". Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi menggunakan software E-Views. Sampel penelitian terdiri dari 66 responden yang merupakan manajer dan staf di lingkungan Bank Jago. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Big Data berpengaruh signifikan terhadap Ekonomi Digital, dan Ekonomi Digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan keputusan strategis. Selain itu, ditemukan bahwa Ekonomi Digital memediasi secara signifikan pengaruh Big Data terhadap pengambilan keputusan strategis. Temuan ini menegaskan pentingnya transformasi digital dan adopsi teknologi informasi dalam memperkuat daya saing strategis perbankan digital di era ekonomi digital.

Downloads

Published

2025-06-13

Issue

Section

Articles